DaerahPemerintah

Menjamur Proyek Tanpa Papan Nama Semakin Marak Di Wilayah Batujaya

mediaanakbangsa.id._Karawang- proyek pemerintah yang mengundang pertanyaan masyarakat sekitar. tidak menggunakan papan nama.
dengan tidak adanya papan proyek sudah memperlihatkan bentuk tidak transparan pihak pelaksana dalam pelaksanaan pengerjaan proyek di lapangan.

Seperti halnya yang dikatakan warga sekitar yang enggan disebutkan namanya mengatakan sebenarnya papan proyek tersebut sebagai wahana informasi publik yang perlu disampaikan kepada umum sehingga tidak muncul kecurigaan-kecurigaan bagi pihak lain. dan juga tidak menimbulkan pertanyaan di masyarakat tentang transparansi penggunaan anggaran. sehingga terkesan proyek yang belum dipasang papan nama tersebut yang dikerjakan oleh pelakasana terkesan proyek siluman”.

Masi dikatakan warga dusun binajaya betul pak.?.proyek ini suda beberapa hari dikerjakan tapi gaada papan inpormasinya seharusnya kerika proyek ini di kerjakan langsung dipasang papan inpormasinya.katanya.

Menurutnya papan nama tersebut memuat jenis kegiatan, lokasi nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak serta jangka waktu atau lama  pengerjaan proyek hal itu yang tentunya. menjadi sorotan masyarakat yang kerap beraktivitas di kawasan tersebut.kata warga dusun binajaya.

Menanggapi hal tersebut Marojak,St. selaku ketua LSM ICON RI DPW Jawa barat menganggap dengan tidak adanya papan nama dalam Proyek tersebut merupakan hal yang patut  dipertanyakan. Sebab sudah menutupi transparansi publik ucapnya 18/6/2023.

Untuk diketahui, Pemasangan papan proyek itu adalah sebagai bentuk patuh terhadap Undang-Undang RI No.14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik Pasal 15 Huruf (d.).sepertinya undang -undang tersebut mandul. tidak membuat epek jerah bagi pelaksana yang telah mereka langgar seperti halnya proyek pembangunan jembatan yang ada di dusun binajaya kecamatan batujaya.ungkapnya

cuma aneh saja, proyek kecil saja di tingkat RT yang hanya belasan juta, tetap memasang  papan inpormasi karena wajib, dan sudah diatur dalam  undang-undang, kenapa proyek jembatan ini tidak memasang papan inpormasi jangan-jangan ini proyek siluman.

Masi dikatakan Ketua ICON RI DPW Jawa barat Marojak,st.  sebenarnya  tidak selayaknya proyek. pembangunan jembatan yang ada didusun binajaya RT.13/04 desa batujaya kecamatan batujaya kabupaten Karawang Jawa barat. yang menggunakan uang negara tidak memiliki papan nama proyek. sebenarnya besar ataupun kecil anggaran untuk proyek itu tetap harus dibuat papan nama, ujarnya.

Dengan tidak dipasangnya papan nama, masyarakat tidak bisa turut mengontrol pembangunan tersebut. Kondisi ini membuat sejumlah kalangan mulai mempertanyakan apa ini memang disengaja biar tidak ketahuan kebobrokanya.

Kami sangat menyesalkan sikap pelaksana proyek yang enggan memasang plang papan nama proyek yang sedang dikerjakan. masyarakat yang ingin mengetahui sumber dana, nilai kegiatan yang sedang dikerjakan menjadi tidak tahu dan kecewa.pungkasnya**(red)