DaerahPemerintah

Puncak Intan Dewata di Mekarjaya Tarogong Kaler, Resmi Di Buka Oleh Bupati Garut Sebagai Desa Wisata

Mediaanakbangsa.id._Garut.-  ResmikanDesa Wisata Puncak Intan Dewata di Mekarjaya Tarogong Kaler, Bupati Garut Sebut Tahun 2023 Pemkab Siapkan Anggaran di RKPD.

Puncak Intan Dewata secara resmi telah dibuka oleh Bupati Garut, Rudy Gunawan di Petilasan Makam Puteri Intan Dewata, Desa Mekarjaya, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut dan Pemkab Garut siapkan untuk Anggaran di RKPD untuk tahun 2023. Selasa 7 September 2021.

Dalam sambutanya Bupati Garut, Rudy Gunawan, desa wisata yang berlokasi di salah satu puncak Gunung Putri dengan ketinggian 1400 MDPL (Meter Diatas Permukaan Laut) dengan pemandangan indah yang sangat indah dengan menampilkan panorama Kabupaten Garut dari atas gunung,”imbuhnya

Rudy Gunawan sangat mengapresiasi akan kreatifitas Kepala Desa Mekarjaya, Asep Setiawan Rebit, serta masyarakat sekitar yang telah mengelola desa wisata yang dulunya memiliki sejarah sebagai Kerajaan Timbanganten ini dengan baik.

Lanjut Bupati, saya ingin dari 88 desa, dari satu kecamatan ada dua (desa wisata) sebiga dengan adanya beberapa desa yang kreatif seperti Kepala Desa Mekarjaya, Pak Asep Rebit akan menjadi contoh untuk desa lainya dan ini sangat luar biasa kreatifitasnya serta terimakasih untuk seluruh warga masyarakat yang sudah bergotong royong ya, dan nanti pemerintah daerah, akan mempersiapkan ” ucap Rudy Gunawan.

Lebih jelas lagi pihaknya akan menyiapkan rencana anggaran untuk desa wisata pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) di Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023.

“Kami ada sementara ini kami minimal (anggaran) 200 juta dulu lah, karena itu kalau 200 jutaan itu bantuan keuangan, terserah desa untuk apa. Tapi ini kan gak cukup, nah kita harus masuk di dalam RPJMD di RKPD 2023, kan jalannya ini mesti satu dua milyar,” ungkapnya.

Rudy menargetkan, agar setiap desa di Kabupaten Garut bisa memiliki potensi-potensi desa yang bisa dijadikan sebagai desa wisata.

“Kami targetnya sebenarnya semua desa itu mempunyai potensi, tapi kami klasifikasikan ada pariwisata kelas dunia, ada pariwisata kelas nasional, ada tingkat Jawa Barat, tingkat kabupaten. Semuanya desa di 421 desa,” terang Rudy.

Sementara, Kepala Desa Mekarjaya, Asep Setiawan Rebit mengatakan, pihaknya menghabiskan dana sebesar 5 miliar dalam pembangunan desa wisata Puncak Intan Dewata ini. Ia juga menyebutkan, salah satu keunggulan dari desa wisata ini adalah memiliki sisi religi dengan adanya makam Putri Intan Dewata.

“Keunggulannya satu sisi mungkin disini ada ini salah satu puncak daripada Gunung Putri, karena ada makam, makam ini merupakan sebagai daripada wisata religi, iya artinya karena banyak yang datang juga, terus kedua kita memiliki panorama view yang sangat luar biasa, apalagi dengan terbentangnya Jalan Ibrahim Adjie misalnya termasuk wisata daripada Bagendit akan berhadapan dengan wisata ini,” beber Kades Asep.

Asep berharap, akses jalan menuju desa wisata ini bisa diperbaiki agar memudahkan pengunjung ketika akan berwisata menuju Puncak Intan Dewata, terutama akses jalan yang bisa dilalui roda dua dan empat.

Harapan Asep, dengan adanya Obyek wisata ini akan kedepanya akan membawa incam untuk warga setempat sehingga menambah pendapatan di berbagai sektor,” pungkasnya.**Tono

Microsoft exchange server 2016 standard.