Daerah

Jembatan Ini Hanya Satu-satunya di Indonesia

Media Anak Bangsa,_CIAMIS – Namanya jembatan Cirahong tepat berada di perbatasan Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Tasikmalaya. Jembatan Cirahong pun menghubungkan kedua wilayah yang berada di Priangan Timur tersebut. Yang membuat jembatan ini unik, dan satu-satunya di Indonesia adalah fungsinya yang dobel, yaitu jembaan kereta api sekaligus jembatan kendaraan mobil dan motor. Di bagian atas digunakan untuk kereta api sementara bagian bawahnya untuk mobil dan motor. 

Kepala Bidang Destinasi Wisata Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis Budi Kurnia menyebutkan jembatan Cirahong dibangun jaman Belanda pada tahun 1893 atau pada masa pemerintahan Bupati Ciamis Raden Adipati Arya Koesumadiningrat.

“Sejak dibangun hingga kini belum pernah ada perbaikan struktur dasar dari jembatan ini. Paling hanya mengganti kayu papan lintasan mobil yang di bawah” katanya, yang ditemui di lokasi, Jumat (2/8/2019).

Jembatan Cirahong melintas ke wilayah Ciamis tidak terlepas dari peran sang Bupati R. Adipati Arya Koesumadiningrat ang meminta agar pemerintah Belanda membelokan jalur KA ke wialayah Ciamis.

“Dalam sejarah dituliskan bahwa sebelumnya jalur KA yang dibangun Belanda itu tidak melintas Ciamis. KA dari arah Jawa Tengah itu melintas Banjar lalu lurus ke Tasik. Tapi atas permintaan sang Bupati, jalurnya dibelokan dulu ke wilayah Ciamis lalu menyebrang sungai Citanduy dan kembali ke wilayah Tasik atau saat itu namanya Sukapura” papar Budi.

Saat ini jembatan Cirahong menjadi landscap sejarah di Ciamis, dan menjadi salah satu objek wisata yang banak dikunjungi bahkan wisatawan luar negeri terutama dari Belanda. Menurut Budi, karena ruang untuk lintasan mobil dan motor terbatas, maka sistem buka tutup diberlakukan.

“Panjanganya 202 meter, namun karena ruangnya memang dari dulu segitu-gitunya jadi terpaksa harus buka tutup. Relawan yang merupakan warga setempat baik di ujung yang berada di Ciamis maupun Tasik menjadi penjaga arus lalulintas dengan bayaran sukarela” jelasnya.

Jembatan Cirahong entah sampai kapan berdiri kokoh di atas Citanduy, tetapi yang pasti, kisahnya abadi sampai akhir jaman.

Sumber : Humas Jabar

Homepage of dj rob t. An accident attorney in ocala, florida, can assist you in filing a personal injury claim. 7 sacred signs from the universe.