Umum

Kapolri Atensi Penyelamatan TKW Cianjur Yang Dijadikan PSK di Dubai

mediaanakbangsa.id._Jakarta- Polri terus mengusut kasus perdagangan orang. Terbaru, Polri berhasil mengungkap kasus dugaan tindak pidana perdagangan orang (TPPO) di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

Pengungkapan kasus perdagangan orang itu dilakukan Polri melalui Divisi Hubungan Internasional Mabes Polri, Polda Jawa Barat, dan Polres Cianjur, serta bersama Kepolisian Dubai dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Dubai.

Atas perintah Kapolri, Divhubinter berhasil mengungkap kasus TPPO di Dubai bersama Kepolisian Dubai dan Polda Jabar serta Polres Cianjur dan KBRI Dubai. Alhamdulillah berkat kerja sama internasional yang baik, PMI (pekerja migran Indonesia) atas nama Saudari Ida dan Sri Pujayanti berhasil dibebaskan oleh polisi Dubai,” ujar Kepala Divhubinter Polri Irjen Krishna Murti dalam keterangannya, Selasa (11/7/2023).

Krishna menuturkan bukannya dipekerjakan dengan layak, kedua korban diduga malah dijadikan pekerja seks komersial (PSK) di Dubai.

Adapun kasus itu bisa diungkap usai keluarga korban melapor ke Mapolres Cianjur pada Selasa (4/7) lalu. Tak berhenti di situ, anak dari salah satu korban turut membuat pernyataan dan mengunggahnya ke media sosial.

Kemudian, atas atensinya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengarahkan tim penyidik bergerak mengusut laporan tersebut. Di waktu yang sama, Polres Cianjur meringkus agen sponsor lapangan yang bertugas merekrut dan memberangkatkan kedua korban secara ilegal.

Sementara itu, berdasarkan hasil koordinasi dan pertukaran informasi yang dilakukan antara Polri dan Kepolisian Dubai, pelaku bisa ditangkap pada Senin (10/7) kemarin

Kepolisian Dubai telah menemukan dan menangkap Tersangka yang diduga sebagai penjual PMI tersebut beserta korban-korban lainnya. Saat ini korban atas nama saudari Ida telah diamankan di shelter Kepolisian Dubai,” ujar Krishna.

Terhadap korban, lanjutnya, kini tengah dilakukan pemeriksaan kesehatan dan keimigrasian.(red).

Upah pasang paving block.