Polri

Masyarakat Diminta Tunda Balik Ke Jakarta Jika Tak Ada Kepentingan Mendesak

mediaanakbangsa.id._Jakarta- Pemerintah meminta para pemudik supaya menunda untuk  kepulangan ke Jakarta pada 26-30 April 2023, bagi mereka yang memang tidak mempunyai kepentingan mendesak untuk segera melakukan perjalanan balik.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy, telah mengadakan rapat koordinasi lintas instansi dan diperoleh kesimpulan bahwa puncak arus balik terdekat terjadi pada Senin (24/4/2023) dan Selasa (25/4/2023). Ini berpotensi menimbulkan penumpukan jika seluruh pemudik kembali pada saat yang sama.

PT Jasa Marga memprediksi ada 203.000 kendaraan melakukan perjalanan 24-25 April 2023 menuju Jakarta dan sekitarnya,” kata Muhadjir dalam jumpa pers, Minggu (23/4/2023).

Untuk itu perlu dilakukan sosialisasi secara masif agar masyarakat, terutama yang tidak terburu, tidak terlalu mendesak, untuk segera kembali, menunda jadwal kembali ke Jakarta antara 26-30 April 2023.

Tentu saja, bagi mereka yang tidak mungkin menunda tentu tidak ada larangan untuk tetap balik 24-25 April 2023,” kata dia.

Pemerintah dan kepolisian mengaku telah menyiapkan sejumlah skenario untuk mengantisipasi penumpukan pada arus balik, khususnya di jalan tol. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan bahwa rekayasa lalu lintas pasti dilakukan, mulai dari sistem satu arah/one way dan contra flow.

Juga kemungkinan ganjil genap akan diberlakukan agar beban jalan pada puncak arus balik ini bisa kita urai dan kita distribusikan,” ujar Sigit dalam kesempatan yang sama.

Ia mengeklaim jajarannya telah menyiapkan simulasi penerapan rekayasa lalu lintas bahkan hingga ke titik terdekat dengan Ibukota. Selain rekayasa lalu lintas, pemerintah menyoroti pentingnya pengelolaan rest area dengan menambah personel, sarana dan prasarana, serta manajemen arus kendaraan di dalamnya.

Pemerintah meminta agar buka-tutup rest area dilakukan dengan tegas dan pasokan BBM dipastikan dengan baik. Sementara itu, arus balik dari Sumatera juga diprediksi bakal meningkat pada 24-25 April 2023. Pemerintah meminta Pelabuhan Bakauheni, Lampung, diperhatikan betul kesiapannya dan menerapkan pemisahan jenis kendaraan dengan baik**(red)

Buy drivers license online.