Polri

Kapolri Sebut Tahun Ini Tidak Ada Lagi Macet di Merak

mediaanakbangsa.id._Jakarta– Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan tidak ada lagi antrean panjang kendaraan masyarakat yang tertahan di Pelabuhan Merak, Banten, pada Lebaran 2023.

Listyo menyampaikan ini usai meninjau Pelabuhan Merak, Banten, dan Pelabuhan Bakauheni, Lampung, bersama Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Menhub Budi Karya Sumadi.

Berdasarkan data, Listyo menyebut terdapat peningkatan aktivitas penyeberangan dibanding tahun sebelumnya, dengan total terdapat 165 ribu pemudik yang menyeberang menuju Lampung.

Jumlah tersebut, kata dia, jauh lebih tinggi dibanding puncak arus mudik tahun 2022 yang hanya mencapai 155 ribu penumpang saja.

“Dari hasil analisis, kemungkinan masih ada sisanya, yang hari ini mungkin akan menyeberang dan itu akan menjadi salah satu puncak penyeberangan yang berikutnya,” ujarnya dalam konferensi pers di Pelabuhan Bakauheni, Kamis (20/4).

Meskipun volume meningkat, Listyo memastikan tidak ada lagi kemacetan horor yang sempat terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

Ia menyebut kepadatan yang dulu sempat terjadi pada mudik kali ini berhasil diurai lantaran ada tiga Pelabuhan yang disiagakan sebagai titik penyeberangan, yakni Pelabuhan Merak, Ciwandan dan Bandar Bakau Jaya.

“Alhamdulillah dari laporan anggota, kemacetan yang dulu sering terjadi. Tahun ini sampai tadi malam tidak terjadi antrean,” jelasnya.

“Artinya semua bisa tertampung di bagi menjadi tiga dermaga. Kita lihat bahwa dengan pengaturan tersebut tidak terjadi penumpukan. Tentunya ini menjadi perbaikan dari evaluasi yang telah dilaksanakan,” sambungnya.

Lebih lanjut, mantan Kabareskrim Polri ini berharap kesuksesan yang sama juga kembali terjadi pada momentum arus balik.

Ia memerintahkan para personel yang ditempatkan dapat menyiapkan mitigasi serupa agar tidak lagi terjadi penumpukan.

“Berikutnya H+3 (Lebaran) tugas teman-teman dari (Pelabuhan) Bakauheni dan Panjang untuk menampung arus balik. Jadi ini tentunya semua bisa terlayani dengan baik,” jelasnya.

Listyo sebelumnya menjelaskan dalam Operasi Ketupat 2023 ini pihaknya menerjunkan 148.261 personel gabungan untuk bertugas melaksanakan pengamanan di pelbagai wilayah Indonesia.

Ia mengatakan para personil tersebut nantinya akan menempati 2.787 posko mudik dengan rincian 1.850 posko pengamanan, 713 posko pelayanan, dan 217 posko terpadu**(red)

Rebuilding the kingdom : 2023 orlando magic. Köln : israelfeindliche demo mit kampfparolen – dirk bachhausen. Surviving the storm : how small businesses navigate through covid’s impact.