Umum

Harta Kekayaan Lima Hakim MA yang Jadi Tersangka KPK

mediaanakbangsa.id_Jajarta– Lima hakim Mahkamah Agung (MA) ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam perkara dugaan suap pengurusan perkara di MA.

Dua dari tersangka tersebut merupakan hakim agung, yakni Gazalba Saleh dan Sudrajad Dimyati. Status Sudrajad kini sebagai hakim agung nonaktif.

Sementara tiga lainnya merupakan hakim yustisial, yaitu Prasetio Nugroho dan Elly Tri Pangestu. Kemudian, Edy Wibowo yang baru saja diumumkan sebagai tersangka KPK pada Senin (19/12).

harta kekayaan para tersangka. Data ini berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tahun 2021.

Edy tercatat memiliki kekayaan sejumlah Rp2,4 miliar. Melalui laman e-LHKPN, ia terakhir kali melaporkan harta kekayaannya pada 10 Januari 2022.

Ia memiliki dua bidang tanah yang terletak di Bandung dan Klaten dengan total harta Rp1,01 miliar dan memiliki satu unit mobil Chevrolet Trailblazer LTZ dengan nilai Rp190 juta.

Selain itu, Edy juga memiliki harta bergerak lainnya berjumlah Rp51,2 juta serta kas dan setara kas sebesar Rp1,4 miliar.

Laporan tersebut menunjukkan, Edy memiliki utang sebesar Rp200 juta. Ia tercatat tidak memiliki surat berharga dan harta lainnya.

Sudrajad terakhir kali melaporkan LHKPN ke KPK pada 10 Maret 2022. Dalam laporan tersebut, total kekayaan Sudrajad menyentuh angka Rp10,7 miliar.

Sudrajad tercatat memiliki delapan bidang tanah dan bangunan yang tersebar di Jakarta Timur, Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, dan Kota Yogyakarta. Nilai keseluruhannya mencapai Rp2,45 miliar.

Ia juga tercatat mempunyai satu unit mobil Honda MPV dengan nilai Rp200 juta serta satu unit sepeda motor Honda Vario senilai Rp9 juta.

Selain itu, Sudrajad mencantumkan kepemilikan harta bergerak lainnya sebesar Rp40 juta, kas dan setara kas senilai Rp8 miliar.

Elly tercatat memiliki kekayaan sebanyak Rp4,89 miliar. Melalui laman e-LHKPN, ia terakhir kali melaporkan harta kekayaannya pada 30 Maret 2022.

Elly memiliki tujuh bidang tanah dengan empat bidang berada di Depok, dua bidang di Jakarta Pusat, dan satu bidang di Banyumas dengan total Rp1,3 miliar.

Ia juga tercatat memiliki tujuh unit kendaraan, yakni lima unit mobil dan dua unit motor dengan nilai keseluruhan sebesar Rp1,3 miliar.

Selain itu, Elly juga tercatat memiliki harta bergerak lainnya berjumlah Rp99,8 juta serta kas dan setara kas sebesar Rp103,6 juta

Laporan tersebut menunjukkan, dia memiliki utang sebesar Rp445 juta dan surat berharga sejumlah Rp166,3.

Prasetio terakhir kali melaporkan LHKPN ke KPK pada 21 Maret 2022 lalu. Dalam laporan tersebut, total kekayaan Sudrajad mencapai Rp5,25 miliar.

Sudrajad mempunyai dua bidang tanah dan bangunan yang terletak di Bogor dan Semarang dan nilai keseluruhan Rp4,6 miliar.

Ia tercatat mempunyai satu unit mobil Mitsubishi Pajero dengan nilai Rp500 juta serta satu unit mobil Honda sedan senilai Rp500 juta.

Selain itu, Prasetio juga mencantumkan kepemilikan harta bergerak lainnya sebesar Rp87,7 juta, kas dan setara kas senilai Rp389 juta.

Ia tercatat memiliki utang sebesar Rp872 juta dan harta lainnya sebanyak Rp48,5 juta.

Ia tercatat memiliki utang sebesar Rp872 juta dan harta lainnya sebanyak Rp48,5 juta.

Gazalba tercatat memiliki kekayaan sejumlah Rp7,8 miliar. Ia terakhir kali melaporkan harta kekayaannya pada 21 Januari 2022.

Ia memiliki tiga bidang tanah yang terletak di Bekasi, Surabaya, dan Bandung dengan total harta Rp5,2 miliar dan memiliki satu unit mobil Toyota Avanza dengan nilai total Rp120 juta.

Selain itu, Gazalba juga memiliki harta bergerak lain sebanyak Rp260,6 serta kas dan setara kas sebesar Rp2,3 miliar.

Sementara Gazalba tercatat tidak memiliki utang, surat berharga, dan harta lainnya.(red)

 

 

 

Harga berkompetisi, lantaran kami kerja sama langsung dengan pabrik paving block melalui langkah sah.