HukumPolri

Tambang Ilegal yang Menjadi Penyebab Banjir di Lebak Kapolda Banten Akan Tindak Tegas

BANTEN,_mediaanakbangsa.id -Kapolda Banten Irjen Pol Agung Sabar Santoso akan menuntaskan persoalan tambang ilegal di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) yang jadi penyebab banjir dan longsor di Kabupaten Lebak.

Kapolda mengatakan, permasalahan penambangan ilegal ini sudah lama terjadi dan pihaknya akan bersama-sama mencari jalan keluarnya dengan stakeholder terkait, baik itu daerah atau pusat. “Kita akan bahu-membahu dengan stakeholder yang ada, saya berharap juga partisipasi teman-teman media dan mendukung sehingga saya melaksanakan tugas di Banten ini bisa berjalan dengan baik dalam rangka memberikan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat,” jelas Kapolda di Mapolda Banten, Jl Syekh Nawawi Al Bantani, Serang, Rabu (8/1/20).

Jenderal Bintang Dua tersebut menambahkan, pihaknya sudah menangani dan memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena musibah di Lebak, dengan bekerjasama dengan TNI dan Pemerintah daerah. “Anggota saya juga yakin bisa menangani dan cukup berpengalaman. Bekerjasama dengan TNI juga masyarakat sangat membantu,” jelas Kapolda.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan salah satu penyebab banjir bandang dan longsor di Lebak adalah penambangan emas ilegal di bagian hulu TNGHS. Ia juga meminta Pemprov Banten dan Pemkab Lebak menutup penambangan ilegal tersebut.***Red