Umum

Beli Pupuk Subsidi Ga Usah Repot Cukup Pake KTP

 

mediaanakbangsa.id._Jakarta-Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman memastikan petani kini bisa menebus pupuk subsidi hanya menggunakan KTP

Hal tersebut seiring dengan revisi Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 10 Tahun 2022 tentang Tata Cara Penetapan Alokasi dan Harga Eceran Tertinggi Pupuk Bersubsidi Sektor Pertanian

Menurutnya, akses petani terhadap pupuk bersubsidi akan menjadi lebih mudah, tidak hanya melalui kartu tani.

Saya baru kembali menjadi menteri pertanian, tetapi banyak keluhan soal pupuk bersubsidi, sementara kita tengah memasuki musim tanam, kami gerak cepat mengubah Permentan, saya pastikan sekarang petani bisa tebus pupuk hanya dengan KTP,” ujarnya, seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Pertanian, Kamis (9/12/2023).

Amran menyampaikan hal tersebut di hadapan puluhan ribu petani saat penyuluh pertanian wilayah Jawa Barat di Gedung Bale Rame Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung.

Menurut Amran revisi Permentan ini menitikberatkan pada kemudahan petani mengakses pupuk bersubsidi dengan KTP.

Dengan demikian, kartu tani tidak menjadi satu-satunya metode penebusan pupuk bersubsidi.

Hal tersebut, kata dia, dapat memberikan kemudahan bagi petani untuk menebus pupuk bersubsidi dengan berbagai cara.

Kalau petani berteriak tidak ada pupuk, tiga bulan kemudian kami pastikan produksi turun, jadi ini harus serius dibenahi, jika masih ada yang tidak meladeni petani soal pupuk, saya minta keluhan langsung disampaikan ke pusat, ke Kementan dan Pupuk Indonesia,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Ali Jamil mengatakan memasuki masa tanam, Kementan terus berupaya memastikan agar tidak ada kelangkaan pupuk bersubsidi.

Ali juga menilai alokasi pupuk bersubsidi tiap-tiap daerah dipastikan sudah sesuai dengan usulan yang masuk dalam e-alokasi.

Ia menjelaskan bahwa petani yang akan menebus pupuk bersubsidi hanya perlu datang ke kios resmi penjual pupuk subsidi dengan membawa kartu tani atau KTP

Kendati demikian, Ali menegaskan bahwa petani yang berhak menebus pupuk subsidi adalah yang telah terdaftar sebagai penerima subsidi sesuai ketentuan.demikian**(red)

San francisco 49ers vs chicago bears preview. Ihr dirk bachhausen. Harnessing the power of ai : transforming small businesses.