TNI

Serah Terima Jabatan (Sertijab) Danjen Kopassus Digelar Di Lapangan Makopasus Cijantung

mediaanakbngsa.id._Jakarta – Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Deddy Suryadi resmi menjabat sebagai Komandan Jenderal (Danjen) Komando Pasukan Khusus (Kopassus) ke-36. Mayjen TNI Deddy menggantikan Mayjen TNI Iwan Setiawan yang menjadi Pangdam XII/Tanjung Pura, Kalimantan Barat-Tengah.

Serah terima jabatan (sertijab) Danjen Kopassus digelar di Lapangan Upacara Makopassus, Cijantung, Jakarta Timur (Jaktim), Jumat (28/4/2023).

Pantauan awak media di lapangan, acara serah terima pasukan diawali dengan aksi drum band. Setelah itu, pasukan masuk bersama dan berbaris di lapangan.

Mayjen TNI Deddy Suryadi dan Mayjen TNI Iwan Setiawan kemudian memasuki lapangan upacara dari Gedung Sarwo Edhie Wibowo. Keduanya langsung menuju podium yang berada di depan pasukan.

“Sore ini dilanjutkan tradisi upacara penyerahan satuan Kopassus dari saya kepada Mayjen TNI Deddy Suryadi . Oleh karena itu, sebagai konsekuensi dari sertijab tersebut, pada hari ini saya perlu menyerahkan satuan Kopassus secara resmi kepada pengganti saya yang disaksikan bersama oleh seluruh anggota Kopassus yang hadir,” katanya, Jumat (28/4/2023).

Mayjen TNI Iwan menjadi Danjen Kopassus ke-35 selama kurang lebih satu tahun terakhir. Dia mengucapkan terima kasih atas loyalitas dan kinerja seluruh pasukan Kopassus.

“Jadilah prajurit Kopassus yang punya jiwa korsa yang tinggi, loyalitas, dan setia kepada pimpinan, kawan, dan anak buah. Karena hal itu merupakan kekuatan yang utama sebagai prajurit Kopassus. Akhirnya besar harapan saya semoga Kopassus ke depan akan semakin baik dan terus berprestasi, berikan karya terbaik dalam harapan nama besar Kopassus Angkatan Darat dan TNI,” ujarnya.

Mayjen TNI Deddy Suryadi mengaku siap memimpin jajaran Kopassus. Dia akan berusaha membuat pasukan Kopassus menjadi lebih tangguh.

“Saya mohon dukungan, bantuan, dan kerja samanya kepada seluruh prajurit serta PNS dan rekan media dalam pengabdian untuk menegakkan kedaulatan NKRI, mempertahankan keutuhan wilayah berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta melindungi segenap bangsa Indonesia dengan terus melaksanakan profesionalisme prajurit yang modern dilandasi semangat juang yang tinggi,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono melakukan mutasi terhadap 219 perwira yang mencakup jenjang menengah hingga tinggi. Salah satu mutasi yang dilakukan adalah penunjukkan Mayjen TNI Deddy Suryadi sebagai Danjen baru di Kopassus.

Sebelumnya, Deddy menjabat sebagai Kepala Staf di Kodam IV/Diponegoro. Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/338/III/2023 yang dikeluarkan pada tanggal 29 Maret 2023 memuat daftar mutasi tersebut. Puspen TNI telah mengonfirmasi keberadaan surat keputusan tersebut.

Mayjen TNI Iwan Setiawan yang sebelumnya menjabat sebagai Danjen Kopassus, kini diangkat menjadi Panglima Kodam XII/Tangjungpura menggantikan Mayjen TNI Sulaiman Agusto. Sulaiman Agusto kini menjabat sebagai Perwira Staf Ahli Tk III Kepala Staf AD Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Perdagangan (Ekkudag).

Jabatan Kasdam IV/Diponegoro yang ditinggalkan oleh Deddy akan diisi oleh Brigjen Ujang Darwis yang sebelumnya menjabat sebagai Danrem 045/Garuda Jaya Kodam II/Siliwangi.

Mutasi juga dilakukan pada jabatan Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 2 Komando Cadangan Strategis AD (Kostrad), di mana Mayjen Haryanto ditunjuk sebagai pengganti Mayjen TNI Syafrial yang kini menjabat sebagai Kepala Staf Kostrad.**(red

Sql server 2017 – buy 100% authentic microsoft windows & office keys – licensepromo.