Umum

Kombes Asep Guntur yang Kini Pimpin Penyidikan

mediaanakbangsa.id._Jakarta-Komisaris Besar Asep Guntur Rahayu resmi menjadi Direktur Penyidikan KPK. Sebelumnya Asep menjabat sebagai Kabag Penkopeten Biro Pembinaan Karier (Robinkar) SSDM Polri.

Berdasarkan catatan Kamis (2/6/2022), Kombes Asep juga pernah menjabat sebagai Wakapolres Jakarta Pusat pada 2017 silam. Dia juga pernah menjabat sebagai Kapolres Cianjur pada 2015.

Saat menjabat Kapolres Cianjur, sosok Asep ramai disorot lantaran dikenal sebagai polisi yang kerap melakukan aksi-aksi sosial di masyarakat. Contohnya membangunkan rumah untuk warga miskin, Andun Suherman yang memasak batu demi menenangkan anaknya yang lapar.

Asep berasal dari Majalengka, Jawa Barat. mewawancarai Kombes Asep, pada Rabu (4/11/2015). Saat itu dia masih berpangkat AKBP.

Alumnus Akademi Kepolisian Tahun 1995 ini juga pernah bertugas di KPK. Dia menjadi penyidik saat lembaga antirasuah itu dipimpin Antasari Azhar.

Asep Guntur memiliki istri seorang polwan yang saat ini menjabat sebagai Kapolres. Istrinya adalah Kapolres Subang, AKBP Sumarni.

Kembali ke jabatannya saat ini, Kombes Asep mengisi kursi yang sempat lama kosong lantaran ditinggalkan Brigjen Setyo Budiyanto, yang ditugaskan menjabat Kapolda NTT.

Asep Guntur Rahayu, jabatan Direktur Penyidikan,” ujar petugas yang membacakan nama-nama pejabat baru yang diambil sumpahnya seperti disiarkan langsung melalui kanal YouTube KPK,

Selain Asep Guntur, KPK mengumumkan nama lain untuk menempati jabatan kosong di KPK. Berikut nama-nama pejabat yang dilantik hari ini:

1. Direktur Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi Amir Arief
2. Direktur Gratifikasi dan Pelayanan Publik Herda Helmijaya
3. Direktur Penyidikan KPK Kombes Asep Guntur Rahayu
4. Direktur Koordinasi dan Supervisi IV Elly Kusumastuti

5. Direktur Pembinaan Jaringan Kerja Antar Komisi dan Instansi Kartika Handaruningrum

6. Kepala Pusat Perencanaan Strategis Pemberantasan Korupsi Muhammad Suryanto
7. Kepala Biro SDM Zuraida Retno Pamungkas
8. Kabiro Humas Yuyuk Andriati Iskak
9. Kepala Sekretariat Dewas Haerudin
10. Kepala Rutan KPK Ahmad Fauzi**Red

Buy drivers license online.