Umum

Mabes Polri Sebut Jaringan Teroris NII Sudah Berkembang Pesat di Indonesia

mediaanakbangsa.id._ Jakarta – Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia menyatakan, jaringan teroris Negara Islam Indonesia atau NII sudah semakin berkembang pesat. Mereka disebut akan memberikan ancaman teror.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri Brigadir Jenderal Ahmad Ramadhan mengatakan, jaringan NII itu berkembang pesat di daerah-daerah seperti Jakarta, Tangerang, Jawa Barat, Bali, Sulawesi, Maluku dan Sumatera Barat. “Jaringan NII sudah berkembang massive di Indonesia,” kata dia saat konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta,

Jaringan NII ini, menurutnya, juga telah menggunakan proses rekrutmen yang tersruktur dan sistematis. Untuk bergabung jadi warga NII seseorang harus melalui empat tahap perekrutan, yang disebut pencorakan, yaitu P1 – P4. Selain itu, setiap calon warga juga harus melalui 3 tahap baiat.

Polisi, kata Ramadhan, menaruh perhatian khusus terhadap jaringan NII di Sumatera Barat. Jaringan ini menurutnya memberi ancaman teror karena memiliki keinginan untuk mengubah ideologi Pancasila dengan ideologi lain dan memiliki hubungan dengan kelompok teror di wilayah Jakarta, Jawa Barat, dan Bali.

Dari serangkaian rencana tersebut, kata Ramadhan, juga ada upaya serangan teror yang tertuang dalam wujud perintah, serta mempersiapkan senjata tajam yang disebutkan dengan nama golok dan mencari para pandai besi. “Adapun temuan alat bukti arahan persiapan golok tersebut, sinkron dengan barang bukti sebilah golok panjang milik salah satu tersangka,” ungkap Ramadhan.

Sampai saat ini Ramadhan menyebutkan sudah ada 16 tersangka anggota NII yang sudah ditangkap Densus 88 Polri, kemudian penyidik Densus 88 juga telah mengamankan sejumlah barang bukti diantaranya 3 unit senapan PCP, 1 unit senapan angin, hingga 2 unit magazine.

Selain itu ada 2 kotak amunisi, 2 unit busur dan panah 6 bilah sajam, antara lain 1 bilah pisau karambit, 1 bilah golok, 2 bilah sangkur, 1 bilah kapak, dan 1 bilah pisau cutter dan sejumlah barang bukti lain, yakni laptop, beberapa buku, dan dokumentasi jaringan NII.

“Khusus di Sumatera Barat, para tersangka yang ditangkap beri keterangan bahwa struktur NII berada pada tingkatan cabang atau kecamatan. Istilah NII adalah CV dengan anggota mencapai 1.125 anggota,” ucap dia.

NII cabang 4 wilayah Padang terbagi dalam 5 ranting yang masing-masing beranggotakan 200 orang. Dari total yang ada di Sumatera Barat sebanyak 833 orang yang tersebar di Kabupaten Darmasraya dan 292 di Kabupaten Tanah Datar.

“Perekrutan anggota NII dilakukan tanpa memandang jenis kelamin dan batas usia terbukti dengan ditemukannya 77 orang anak di bawah umur 17 tahun yang dicuci otak dan dibaiat untuk sumpah setia kepada NII,” kata Ramadhan.**Red

Homepage of dj rob t. By george lopez the los angeles angels enter the 2023 season with renewed optimism.