DaerahPemerintah

Wabup Garut Tegaskan Pelaksanaan Pilkades Ikuti Prokes Ketat

Mediaanakbangsa.id._Garut. — Wakil Bupati (Wabup) Garut Helmi Budiman dan jajaran Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Garut melakukan monitoring pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades), Selasa (18/5/21).

Helmi melakukan monitoring di 13 kecamatan di antaranya, Kecamatan Cisewu, Talegong, Caringin, Cikelet, Pameungpeuk, Bungbulang, Cisompet, Banjarawangi, Singajaya, Peundey, Mekarmukti, Pamulihan dan Kecamatan Pakenjeng.

Sebanyak 52 desa di daerah Garut Selatan akan mengikuti Pilkades serentak, sementara untuk keseluruhan Kabupaten Garut Pilkades serentak akan diikuti sebanyak 217 desa dari 40 kecamatan. Helmi menegaskan pelaksanaan pesta demokrasi ini harus berjalan aman dan kondusif.

“Pertama kita ingin Pilkades ini berjalan lancar aman dan kondusif, sehingga hal-hal yang diperlukan antisipasi dilakukan pembahasan mudah-mudahan dengan pembahasan dan evaluasi tadi sehingga pelaksanaan Pilkades berjalan dengan baik dan terus ini akan kita lakukan kunjungan setelah itu ada laporan-laporan kita lihat lagi ke lapangan sehingga dipastikan kondusif,” katanya.

Di kesempatan yang sama, Helmi juga mengumpulkan para kepala Puskesmas di daerah Garut Selatan, guna memastikan Pilkades menerapkan protokol kesehatan (prokes).

“Saya meminta komitmen dari dinas kesehatan dalam hal ini Puskesmas untuk menjaga agar pelaksanaan Pilkades ini berjalan lancar dengan protokol kesehatan. Komitmen ini juga bukan hanya dari Puskesmas, camat dan dari para penyelenggara Pilkades juga untuk mengikuti protokol kesehatan selama pelaksanaan Pilkades,” kata Helmi.

Tindakan ini, lanjut Helmi, merupakan langkah pencegahan kenaikan kasus COVID-19 di Kabupaten Garut pascalibur Lebaran. Helmi juga mengingatkan terkait pentingnya kewaspadan dan langkah antisipatif dari para penyelenggara Pilkades guna menjamin kondusifitas penyelenggaraan Pilkades.

“Hal yang harus kita waspadai dan kita lakukan upaya (pencegahan) dari kecamatan yang menyelenggarakan Pilkades adalah terkait konflik ketika seleksi,” ucap Helmi.**Red

 

Clock archives explore the captivating portfolio.