Daerah

LSM KOMPAK SUBANG Akan Opservasi Penggunaan Dana BUMDES Tahun 2017 Kab.Subang

SUBANG,05/01/2020_mediaanakbangsa.ia -Memasuki tahun  2020, LSM KOMPAK  DPC SUBANG akan melakukan opservasi & kontrol secara meyeluruh  penggunaan Dana  Bumdes yang sumber dananya berasal dari Dana Desa tahun 2017, hal tersebut dilakukan mengingat pengalokasian  anggaran untuk kegiatan BUMDes tidak sedikit. Disamping itu juga untuk melakukan analisa atas ajas manfaat yang dirasakan masnyarakat dari keberadaan BUMDes itu sendiri.

“Pada tahun 2017 lalu Menteri Desa dan PDTT mengharuskan tiap-tiap Desa mendirikan BUMDes yang permodalannya diambil Sepuluh Persen dari Dana Desa,dan hal tersebut telah dilaksanakan di seluruh Desa yang ada di Kecamatan Blanakan, Pengelolaan BUMDes sudah berjalan tiga tahun dan memasuki tahun ke empat.

SUNARTO AMRULLAH  Ketua LSM KOMPAK DPC SUBANG berpendapat ” sebagai tugas tufoksin LSM selaku pelaku  Sosial Kontrol, Kita akan melakukan pengawasan dan monitoring dengan membentuk tim Opservasi yang bekerjasama dengan tim investigasi dengan tugas melakukan kajian dan pencarian data. Selanjutnya hasil akhir akan kita informasikan kemasyarakat luas baik melalui media cetak maupun elektronik. Dan bila mana nanti ditemukan juga ada indikasi perbuatan melawan hukum, kita akan langsung sampaikan kepenegak hukum.

Lebih lanjut Sunarto Amrullah mengatakan  berdasarkan pengalaman “saya pernah mendatangi Dua Desa di Kecamatan Blanakan hasilnya ,”Dana BUMDes yang awalnya digunakan untuk membangun usaha, sekarang uangnya dibelikan mobil untuk di sewakan ( direntalkan ), dan saat kami mempertanyakan legalitas atau bukti Kepemilikan mobil tersebut kepada Pengurus BUMDes,malah melempar kepada kepala Desa,dengan dalih bahwa yang menangani BUMDes adalah Kepala Desa. Janggal itu yabg adea di benak saya.

Lebih lanjut Ketua LSM KOMPAK SUBANG menceritakan bahwa sudah mengkomfirmasi   kepada kepala Desa Rawa Meneng Kecamatan Blanakan Kabupaten Subang saudari IMAS ” sejak tahun 2018 Permodalan BUMDes telah digunakan untuk membeli mobil untuk di rentalkan/Sewakan dan di kelola pengurus BUMDes.  Pembelian mobil sudah mendapat persetujuan dari IRDA Subang,kalau hasil habis untuk perawatan Mobil dan untuk masalah BPKB ada sama saya tapi saya simpan di rumah,tenang jangan takut disalahgunakan karena sudah mendapat persetujuan IRDA ” ujar Kades Rawameneng waktu itu unngkap Sunarto.

Atas pengalaman itu maka Sunarto berkomitmen LSM KOMPAK DPC SUBANG akan mengawasi secara Kontinyu penggunaan dan Pengelolaan Dana BUMDes yang dananya besumber dari Dana Desa, karena kalau tidak diawasi bisa saja Dana BUMDes raib atau bisa jadi disalah gunakan,apalagi setiap Pengurus BUMDes yang ditanya oleh kami,selalu melempar kepada Kepala Desa,itu artinya berarti bisa jadi Pengurus BUMDes tidak di fungsikan dan kami tidak menemukan satupun Kantor BUMDes di tiap Desa “Pungkas Sunarto Amrullah.

Rahasia kode remot tv aiwa beserta cara setting termud4h.