Umum

Massa Buruh di DPR Bakar Spanduk Raksasa Bergambar Firli Bahuri

mediaanakbangsa.id._Jakarta – Massa buruh dari sejumlah organisasi buruh melakukan unjuk rasa untuk memperingati Hari Buruh di depan gedung MPR/DPR RI, Jakarta. Mereka membawa spanduk berukuran raksasa yang menampilkan wajah Ketua KPK Firli Bahuri.

pukul 16.50 WIB, Senin (1/5/2023), tampak dua mobil komando terparkir di depan gedung MPR/DPR RI. Di depannya, terlihat spanduk raksasa Firli Bahuri.

“Berani jujur hebat!. Firli Bahuri Ketua KPK, penghancur KPK. Wanted,” demikian tertulis dalam spanduk itu.

Spanduk raksasa itu kemudian diletakkan di tengah massa. Massa kemudian membakar spanduk raksasa tersebut.

Tampak puluhan buruh juga masih bertahan hingga sore ini. Mereka mengenakan pakaian organisasi buruh masing-masing.

Massa ini terdiri atas Federasi Serikat Pekerja Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI) dan Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI). Mereka juga tampak membentangkan poster di pagar gedung DPR. Isinya ialah tuntutan yang mereka suarakan.

“Cabut UU Cipta Kerja Nomor 6 Tahun 2023 dan Tolak Permenaker Nomor 5 Tahun 2023,” demikian tertulis di poster tersebut.

Massa Berkostum Squid Game hingga Sparta Ramaikan Demo Buruh di Patung Kuda tampak sejumlah petugas kepolisian masih berjaga di lokasi. Lalu lintas di sekitar gedung DPR masih dialihkan ke jalur khusus bus.

Presiden Pekerja Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI) Daeng Wahidin meminta Firli Bahuri dicopot dari jabatannya. Sebab, mereka menilai KPK telah gagal memberantas korupsi.

“Kami minta keseriusan KPK untuk benar-benar, jangan seperti pisau, tajam ke bawah tumpul ke atas. Maka maling-maling kecil dihakimi, maling-maling besar dilindungi. Ini Firli nggak benar juga. Makanya korupsi semakin marak, bukti KPK sudah gagal memberantas korupsi,” kata Daeng saat ditemui.

Ketua KPK Firli Bahuri sebelumnya menegaskan komitmennya memberantas korupsi. Hal itu disampaikan Firli saat merespons soal pelaporan terhadap dirinya terkait isu bocornya dokumen penyelidikan terhadap Kementerian ESDM.

“Komitmen saya hanya satu, bersihkan negeri ini dari korupsi. Tangkap dan tahan tersangka, siapa pun dia dan bawa ke pengadilan,” kata Firli saat dihubungi, Kamis (6/4).

Firli menegaskan KPK di bawah pimpinannya bekerja secara profesional dan tanpa pandang bulu. Dia pun akan bekerja optimal untuk Indonesia.

“KPK bekerja secara profesional dan tanpa pandang bulu. Saya akan tuntaskan pekerjaan pemberantasan korupsi sampai Indonesia bebas dari korupsi,” katanya.**(red)

Logo standard mono.