Akhirnya Ucapan Kapolri Terbukti, Potong Kepala Tak Sesumbar, Kapolrestabes Medan Dicopot

mediaanakbangsa.id._Jakarta-Kapolda Sumut, Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak akhirnya  mencopot KapolrestaAkhirnya Ucapan Kapolri Terbukti, Potong Kepala Tak Sesumbar, Kapolrestabes Medan Dicopotd ari jabatannya.

Kapolda Sumut Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak lantas menarik Kombes Riko Sunarko ke Polda Sumut guna menjalani pemeriksaan.

Kapolrestabes akan diperiksa terkait pengawasannya terhadap oknum anggotanya yang terlibat dalam kasus suap Imayanti, istri terduga bandar Narkoba.  Sebelumnya, nama Kombes Riko Sunarko disebut-sebut ikut menerima suap dari Imayanti.

Kapolda Sumut, Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak mengatakan, jabatan Kapolrestabes Medan Kombes Riko Sunarko digantikan oleh Kombes Armia Fahmi.

“Saya menarik saudara Kapolrestabes Medan untuk  mendalami tanggung jawab dan kewenangan seorang Kapolrestabes,” kata Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak, (21/1/2022).

Panca mengatakan, pemeriksaan terhadap Kombes Riko Sunarko tetap berjalan.Jika terbukti menerima suap, Kombes Riko Sunarko akan segera disidangkan.Ini berproses lanjutannya kalau terbukti itu akan disidangkan. Itu sekarang kita lihat,” kata Panca.

Kapolrestabes Medan Dicopot
Akhirnya Ucapan Kapolri Terbukti, Potong Kepala Tak Sesumbar, Kapolrestabes Medan Dicopot
Jumat, 21 Januari 2022 23:10 WIB.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo Sebelumnya Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak berjanji segera mencopot Kapolrestabes Medan Kombes Riko Sunarko dari jabatannya.

Panca memastikan pencopotan dan menonaktifkan Riko dari jabatannya akan dilakukan guna mempermudah proses pemeriksaan.

Sebentar, akan saya lakukan, tenang saja,” kata Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, Senin (17/1/2022) di Puskesmas Medan Selayang, Jalan Bunga Cempaka.

Meski demikian Kapolda enggan gegabah buru-buru mencopot Riko Sunarko. Dia menyebut setelah dilakukan rangkaian pemeriksaan dan ditemukan hasilnya.tetapi tidak boleh gegabah. Harus benar,” lanjutnya.

Saat ini baik Propam Polda Sumut dan Propam Mabes Polri telah diturunkan untuk melakukan pemeriksaan terhadap pernyataan terdakwa kasus narkoba Bripka Rikardo.Polisi mengaku telah mendatangi Rikardo di dalam lapas.

Dan kita sudah mendengar keterangan dia yang ada di lapas saat ini untuk memberikan penjelasan yang sebenarnya, apa yang diketahui dan apa yang didengar,” ucapnya.

Diketahui, kasus ini terungkap saat HM Rusdi, pengacara Bripka Ricardo Siahaan mewawancarai kliennya dalam persidangan.

Anggota Sat Res Narkoba Polrestabes Medan yang didakwa mencuri uang barang bukti Rp 650 juta dan didakwa menguasai narkoba itu menyatakan sisa uang suap juga digunakan membeli sepeda motor hadiah anggota TNI AD.**red,