Umum

Situs Cagar Alam Sumur gede harapkan ada perhatian dari Dinas Terkait

Mungkin masyarakat sekitar Kecamatan Tempuran, Cilamaya kulon sudah tidak asing lagi dengan nama Sumur gede Kecamatan Cilamaya kulon Kabupaten Karawang.

Namun tidak sedikit masyarakat Karawang mengetahui asal muasal dari mana nama Desa yang mereka tinggali saat ini. Seperti halnya Desa sumurgede, nama Desa tersebut diambil dari salah satu sumur peninggalan jaman dahulu dengan ukuran sumur lebih besar dibanding dengan sumur-sumur pada umumnya. Sehingga sumur tersebut diberi nama sumur ‘Gede’ atau jika dituangkan kedalam kamus bahasa indonesia ‘Besar’.

Menurut keterangan Kepala Desa Sumurgede, Asan Permana mengatakan, sumurgede tersebut ada di desanya sudah sejak jaman dahulu bahkan menurut cerita turun temurun sumur tersebut ada sejak jaman para wali Allah SWT. Dimana pada jaman dahulu ada salah seorang wali Allah yang hendak beribadah dan meminta air minum kepada warga sekitar namun tidak diberi, akhirnya orang tersebut membuat sumur dengan sekejap tanpa diketahui bagaimana caranya.

lanjutnya ” Besar harapan bisa dipapingblock serta lokasi sekitar sumur dipagar mudah-mudahan Dinas terkait di Kabupaten Mao memberikan uluran tangannya mewujudkan apa yang menjadi harapan kami agar kedepan bisa menjadi Destinasi Pariwisata religi di Desa kami” ungkapnya (31/10/2021) pada awak mediaanakbangsa.id.** Red

11 dj rob t. Team nbs media opportunities.