Pemerintah

Jembatan Penghubung Dua Dusun di Blanakan Akhirnya dapat di Lalui

Mediaanakbangsa.id_ Subang.- Desa Blanakan memiliki akses Jembatan tinggi sebagai jalur penghubung antara Dusun Karangmulya dengan Dusun Pelelangan jembatan tersebut dianggap terlalu tinggi.

Maka pada tahun 2018 Jembatan tinggi tersebut dilakukan pemugaran, dengan cara memendekan atau menurunkan bagian badan Jembatan sekitar 70 Cm, sekaligus mengganti alas Jembatan dari yang tadinya Kayu di ganti menjadi plat baja,dengan menghabiskan anggaran sebesar Rp.179.650.000,yang bersumber dari APBN melalui Dinas PUPR.

Namun belum sampai satu tahun jembatan tersebut di pugar atau di rehab, telah mengalami Kerusakan yang sangat parah, alas jembatan jebol, karena tidak pake plat baja tapi menggunakan palt besi yang tipis, sehingga cepat berkarat dan tidak kuat menahan beban.

Akibat Kondisi Jembatan yang tidak dapat dilalui. Sunarto Amrullah waktu itu sebagai Ketua DPC LSM KOMPAK Kabupaten Subang, mengusulkan kepada Pemerintah Kecamatan Blanakan dan Pemdes Blanakan,untuk merehab Jembatan yang rusak tersebut.

Kemudian Pemerintah Kecamatan Blanakan bersama dengan Pemerintah Desa Blanakan dan pihak Kud Mina Fajar Sidik Blanakan mengerjakan perbaikan, menambal bantalan Jembatan yang sudah pada jebol dengan plat Baja.

Akan tetapi pada bulan September 2020, jembatan tinggi tersebut mengalami kerusakan yang sama malah kondisinya sangat parah sehingga tidak dapat dilalui oleh para pengguna, baik pejalan kaki maupun roda dua.

Melihat Kondisi Jembatan yang  semakin parah dan tidak dapat di lalui,Sunarto Amrullah saa ini sebagai Ketua DPW LSM PPK BHINEKA Kabupaten Subang bersama anggota mendatangi Kantor Kecamatan Blanakan kedua kalinya ,untuk mengusulkan Kepada Camat Blanakan dan kepada Kepala Desa Blanakan agar segera melakukan upaya untuk melakukan Perbaikan terhadap Jembatan tersebut.

“Kami bersama Anggota DPW LSM PPK BHINEKA Kabupaten Subang, telah mengirimkan surat kepada Camat Blanakan, telah bertemu di kantornya, untuk kembali mengusulkan perbaikan Jembatan di dusun Karangmulya yang mengalami rusak parah seperti pada tahun 2018 lalu ” Ucap Sunarto Amrullah kepada awak Media.

Akhirnya dengan segala upaya hari selasa,10 November 2020 Pemerintah Desa Blanakan bersama pihak Kud Mina Fajar Sidik Blanakan dan Pemerintah Kecamatan Blanakan dengan didampingi Polsek Blanakan dan Babinsa AD Blanakan, dengan dibantu oleh Warga Karangmulya dan warga Pelelangan serta Anggota DPW LSM PPK BHINEKA Kabupaten Subang,melakukan Kegiatan Perehaban Jembatan tersebut.

Perehaban dilakukan dengan cara Penambahan palt baja yang di las,dan diatasnya dilakukan pengecoran, dan anggaran atau biaya bersifat Swadaya yang di himpun dari dana Urunan,dari Pemdes Blanakan dan KUD Mina Fajar Sidik Blanakan.

“Berkat upaya kita bersama,dengan anggaran yang bersumber dari Pemdes Blanakan dan dari KUD Mina Fajar Sidik Blanakan jembatan yang sering mengalami Kerusakan ini dapat kita rehab mudah-mudahan setelah dilakukan perbaikan dan pengecoran jembatan ini tidak cepat rusak dan bisa bertahan lebih lama ” ungkap Sekdes Blanakan Endin Haerudin kepada awak media.

lebih lanjut Sekdes menyampaikan “Saya mengucapkan terimakasih kepada Pemcam Blanakan, Kepolisan Sektor Blanakan,Babinsa AD Blanakan, Ketua bersama anggota DPW LSM PPK BHINEKA Kabupaten Subang,dan kepada perangkat Desa Blanakan serta warga Blanakan yang ikut serta berpartisipasi dalam Perehaban Jembatan ini ” Pungkas Sekdes Blanakan.**Red Ddn

Server operating systems.