Polri Akan Bentuk Satgas Nusantara, Ini Deretan Tugasnya

mediaanakbangsa.id._Jakarta- Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan membentuk Satuan Tugas (Satgas) khusus bernama Satgas Nusantara untuk pengamanan Pemilu 2024, Pilpres 2024 dan Pilkada 2024.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan Satgas tersebut dibentuk untuk mencegah polarisasi dan memberantas hoaks terkait Pemilu 2024.

Berdasarkan pengalaman Pemilu 2019 lalu, Dedi menilai politik identitas, hoaks, hingga ujaran kebencian menjadi penyebab utama perpecahan di masyarakat.

Polri sudah mempersiapkan Satgas namanya Satgas Nusantara. Satgas Nusantara ini sebagai bentuk cooling sistem,” kata Dedi di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (19/6).

Dedi menjelaskan, Satgas tersebut nantinya akan melaksanakan kegiatan sosialisasi serta edukasi literasi kepada masyarakat.

Secara khusus, kata dia, upaya tersebut juga dilakukan bagi kelompok tertentu yang menyebarkan hingga memviralkan konten bermuatan polarisasi, politik identitas hingga hoaks dan ujaran kebencian.

Satgas Nusantara juga akan melakukan penegakan hukum apabila pihak yang memicu polarisasi tak mau berhenti meski diberi peringatan.

Meskipun, kata dia, upaya preventif dan humanis tetap lebih diutamakan. Dedi mengatakan, sebagai langkah awal, Polri nantinya akan memberikan peringatan kepada masyarakat atau kelompok yang melakukan polarisasi tersebut.

Apabila diingatkan sekali, dua kali masih mengulangi perbuatan yang sama, maka upaya penegakkan hukum harus dilakukan. agar tidak terjadi lagi kejadian seperti itu,” ujarnya.

Ia menekankan upaya tersebut sebagaimana disampaikan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk bersama-sama menhaga persatuan dan kesatuan NKRI.

Satgas Nusantara juga akan melakukan sosialisasi serta peningkatan literasi terkait Pemilu di masyarakat. Selain itu, mereka akan menegur pihak-pihak yang menyebarkan konten-konten bermasalah atau memecah belah masyarakat.

Rencananya Satgas Nusantara akan diluncurkan bersamaan dengan Operasi Mantap Brata dalam rangka pengamanan Pemilu 2024.

Targetnya, Operasi Mantap Brata akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

“Ini masih kita godok terus, berapa kekuatan, kemudian ancaman apa saja yang dimungkinkan akan terjadi, berapa sarana prasarana yang digunakan,” jelasnya.

“Insya Allah dalam waktu dekat akan disampaikan bahwa operasi Mantap Brata di seluruh Indonesia,” sambungnya.

Sebelumnya, Polri bakal menggelar operasi khusus yang diberi sandi Operasi Mantap Brata untuk pengamanan pemilu dan pilkada 2024 mendatang.

Dedi mengatakan operasi diawali dengan merumuskan pengamanan untuk setiap tahapan pemilu. Ia menyinggung bahwa setiap tahapan akan memiliki potensi gangguan keamanan ketertiban masyarakat yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, kata dia, Korps Bhayangkara akan menyiapkan skema pengamanan yang tepat agar proses pemilu serentak dapat berlangsung aman dan demokratis.

Mabes Polri juga akan bekerja sama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk mengamankan Pemilu dan Pilkada serentak di 2024.

Kita selalu pesankan, kita selalu sosialisasikan yang harus kita jaga adalah persatuan dan kesatuan. Oleh karena itu, hilangkan hal-hal yang sifatnya berdampak pada polarisasi,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit**(Red)