PemerintahPendidikan

Kenaikan Kelas Dan Pelepasan Kelas 6 SDN Karyabakti II Memupuk Karakter Pelajar Pancasila lewat Pelestarian Budaya

mediaanakbangsa.id._Karawang-dalam acara pelepasan kelas 6 dan kenaikan kelas.SDN karyabakti II yang beralamat di dusun Kobakgabus Rt. 09/05. Desa Karyabakti Kec. Batujaya Karawang.jabar.dengan tema Memupuk Karakter Pelajar Pancasila lewat pelestarian budaya. acara pelepasan kelas 6.tersebut dimeriahkan oleh siswa/I.SDN karyabakti II.melalui seni tradisional degung.

Orangtua wali murid nampak bersuka cita mengikuti acara yang dimeriahkan dengan ajang kreasi seni musik dan tari tradisional Degung, Musikalisasi Puisi dan kecapi.oleh siswa/I.SDN karyabakti II.

Selain itu, pentas seni juga diselenggarakan sebagai wadah pembuktian kepada siswa/I.yang berbakat.seni dan budaya tradisional asli daerah.

Rahmat, S.Pd.I. M.Pd selaku kepala sekolah SDN karyabakti II. sekaligus sebagai sekolah penggerak dalam sambutanya mengatakan.Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah pembelajaran lintas disiplin di lingkungkan pendidikan.

Begitu juga dengan seni tradisional degung. namun seiring perkembangan zaman, degung mulai ditinggalkan baik di tingkat pendidikan, terlebih di masyarakat. Saat ini masyarakat lebih memilih musik yang praktis  Seperti pop, dangdut, atau elektonan yang selalu menghiasi acara kegiatan.jelasnya.

Menurutnya padahal beberapa puluh tahun silam seni tradisional Sunda ini cukup populer di kalangan masyarakat  tak heran bila setiap ada acara yang tentunya tidak lengkap rasanya bila tidak menyuguhkan seni yang satu ini.

Selain itu guna memberi kesempatan kepada siswa/I.khususnya SDN karyabakti II. untuk. mendapatkan bimbingan dan pengetahuan sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk siswa/I untuk belajar.ucapnya.

Begitu juga Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya  merupakan salah satu upaya untuk mencapai profil pelajar Pancasila dengan menggunakan pembelajaran pengalaman baru, sehingga siswa/I. akan memahami arti dari  profil pelajar Pancasila dan pembelajaran pengalaman baru yang tentunya perlu diupayakan dengan  sungguh-sungguh.

Oleh karna itu melalui penguatan profil pelajar Pancasila adalah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Kurikulum. ini sangat penting dan harus dilaksanakan.

Menurutnya seni tradisional degung, saat ini nyaris punah.meski saat ini nama Degung tak sementereng dulu, namun sebagian dari tingkat sekolah dasar khususnya SDN karyabakti II.
mulai menimbulkan bakat dengan sangat baik.dan siap melestarikan
seni degung. akan membangkitkan kesenian khas masyarakat sunda. seni tradisional degung tidak akan lenyap ditelan oleh gegap gempitanya seni dan budaya milik bangsa.ungkapnya.

Semoga dalam acara pelepasan kelas 6. dan kenaikan kelas ini kiranya dapat mempererat tali silaturahmi antara sekolah, guru, murid, orang tua, dan masyarakat. Mudah-mudahan prestasi terus diukir oleh siswa/I. SDN karyabakti II. dimasa yang akan datang.tandasnya.

Lukman Dodo,menambahkan
Saya selaku komite di sekolah ini sangat mengapresiasi sekali kepada kepala sekolah SDN karyabakti II. tanpa memungut biaya sepeserpun/ nol persen. kepada orangtua murid  bisa melaksanakan kegiatan acara pelepasan kelas 6.dan kenaikan kelas pada tanggal 24/6/2022.dengan acara yang sangat meriah saya salut dan bangga.ini saya katakan benar adanya bukan meng ada-ada kata komite SDN karyabakti II dalam pidatonya mengatakan.

Dan mudah-mudhan kegitan  Pelepasan siswa kelas 6. dan sekaligus kenaikan kelas menjadi bahan evaluasi kinerja para dewan guru dalam mengaplikasikan ilmu yang diajarkan kepada siswa/I.SDN karyabakti II. dan yang paling penting adalah dari hikmah silaturahmi mudah-mudahan mendapatkan kebarokahan sekaligus untuk menguji keberanian mental siswa dalam berbicara di depan umum.ungkapnya.**Tinggun,

Schlüsseldienst teufener südhalde st. Beiratssitzung des bürgerzentrum chorweiler – dirk bachhausen. Schützenbruderschaft erhält förderung - st.