Kapolda Metro Ingatkan Kapolsek: Jangan Jadi Pangkodamar

mediaanakbangsa.id._Jakarta-Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengingatkan seluruh jajaran Kapolsek untuk tidak menjadi pangkodamar atau panglima komando dari dalam kamar. Kapolsek harus turun langsung memantau situasi di lapangan.

Ini disampaikan Fadil dalam sambutannya di acara pelantikan dan sertijab 28 Kapolsek di Balai Pertemuan Metro Jaya (BPMJ), Selasa (24/5).

“Tidak mungkin Anda berhasil kalau Anda memimpin dari dalam kamar, Pangkodamar, panglima komando dari dalam kamar, tidak mungkin. Anda harus berangkat (ke lapangan),” kata Fadil.

Fadil mencontohkan terkait pemberantasan peredaran narkoba di sebuah wilayah. Ia menyebut kapolsek mesti turun langsung ke lapangan untuk mengumpulkan fakta agar upaya pencegahan bisa berhasil dilakukan.

Hal sama, kata Fadil, juga bisa dilakukan dalam mencegah dan mengantisipasi aksi tawuran yang kerap terjadi di wilayah. Caranya, bisa dengan berdiskusi bersama orang tua, pihak sekolah, hingga tokoh masyarakat.

“Yang selama Ini mungkin pendekatannya menangkap saja, ada tawuran tangkap saja, masukin penjara. Percayalah saudara-saudara, ini tidak menyelesaikan masalah,” ujarnya.

Fadil turut menekankan soal pentingnya konsep pencegahan yang harus dimiliki oleh para Kapolsek dalam mengatasi kasus kriminal.

“Warnai tugas anda kepolisian dengan lebih berorientasi lebih mencegah kejahatan, penyelesaian masalah, tolak ukur keberhasilan anda sebagai Kapolsek yang saya lihat bukan seberapa besar anda mengungkap kasus, tapi yang saya lihat adalah seberapa banyak anda mampu mencegah timbulnya korban,” tuturnya.

Fadil menyebut bahwa semakin banyak laporan yang dibuat oleh masyarakat bisa diartikan sebagai kegagalan seorang Kapolsek.

“Saya tidak bangga dengan pengungkapan dan penangkapan, lebih bangga jika anda mampu mencegah kejahatan. Mengungkap kasus merupakan suatu kebanggaan, tapi mencegah orang tidak jadi korban itu suatu keberhasilan,” ucap Fadil**Tinggun.