Menurut Bupati Garut : Gentra Karya Solusi Menurunkan Pengangguran dan Menaikan Perkapita Kabupaten

Mediaanakbangsa.id._Garut.- Workshop Gerakan Tenaga Kerja Berkarya ( Gentra Karya ) yang di gagas Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi kabupaten yang di hadiri Bupati H Rudy Gunawan. Selasa 14 September 2021.

Buapti Garut, sangat menyambut baik kegiatan ini sebagai salah satu solusi dalam mengatasi penurunan angka pengangguran di kabupaten Garut.

Dalam Sambutanya Bupati Rudy Gunawan mengatakan, di kabupaten Garut gerakan ini dalam rangka meningkatkan pendapatan masyarkat, mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan investasi.

Lanjut Rudy, dan ini tentunya dengan Pentahelixnya bekerja sama dengan Perguruan Tinggi, pelaku usaha, pemerintah dan Pers ini dalam rangka gerakan berkarya menurunkan angka pengangguran di kabupaten Garut.

Sambung Bupati, dengan meningkatnya investasi dan menurunnya angka pengangguran melalui Gentra Karya, akan mampu meningkatkan pendapatan perkapita di kabupaten Garut.

” Untuk itu Pemkab Garut sangat mendukung program inovasi Disnakertran dalam mengatasi peningkatan investasi, pendapatan Perkapita dan menurunkan angka pengangguran melalui Program Gentra Karya yaitu Gerakan Tenaga Kerja Berkarya, hal ini dibuktikan dengan dikeluarkannya Instruksi Bupati Garut ” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi kabupaten Garut Erna Sugiati menyampaikan, Gentra Karya ini merupakan satu program Inovasi dalam mengatasi angka pengangguran yang semakin tahun terus bertambah, karena sangat mustahil apabila permasalahan pengangguran ini diselesaikan hanya oleh Disnakertran saja, untuk itu diperlukan kolaborasi melalui pentahelix.

Masih menurut Erna Sugiati, Kita memiliki keinginan untuk bagaimana menurunkan angka pengangguran dari 8,9 menjadi 6.91 dengan melibatkan seluruh Stakhokder yang ada di kabupaten Garut, pengusaha, pemerintah, media melalui Pentahelix” kata Erna Sugiati.

Disnakertran mengajak semuanya harus terlibat dalam mengatasi pengangguran ini melalui bekerja dan berkarya dengan keterampilan yang dimiliki.” ungkapnya

Masih menurut Erna, dan bisa melalui wirausaha sehingga membuka lowongan kerja di daerah, atau membuka investasi yang bisa membuka lowongan kerja seluas – luasnya bagi warga kabupaten Garut” pungkasnya.**Tono