PeristiwaUmum

83 Warga Karawang Keracunan Nasi Berkat, 2 Meninggal, Puslabfor Mabes Polri Bantu Selidiki

mediaanakbangsa.id._Karawang- Orangtua korban keracunan di Cikampek Utara tak kuat tahan tangis iringi pemakaman anaknya di TPU Rawalunyu, Desa Cikampek Barat, Kecamatan Kotabaru, Karawang, pada Senin (6/9/2021).

Kejadian keracunan nasi besek massal terjadi di Karawang. semua biaya perawatan dan pengobatan pada 83 korban dijamin pemerintah karena ini merupakan kejadian luar biasa atau KLB.

Penyelidikan sudah dilakukan pihak kepolisian seperti memeriksa saksi hingga mengirim sampel makanan ke laboratorium.bahkan Puslabfor Mabes Polri turut diperbantukan untuk mengungkap penyebab pasti keracunan.

10 Saksi Diperiksa puluhan warga Karawang keracunan nasi berkat dari acara pengajian di Desa Cikampek Utara, Kecamatan Kotabaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Atas kejadian itu, Polres Karawang melakukan pemeriksaan terhadap sepuluh orang saksi mulai dari jamaah pengajian, penyelenggara acara hingga warga yang memasak makanan tersebut.

“Iya 10 saksi sudah kami lakukan pemeriksaan, termasuk empat orang yang membuat makanan tersebut,” kata Kasat Reskrim Polres Karawang AKP Oliestha Ageng Wicaksana, pada Minggu (5/9/2021).

Selidiki Penyebab Keracunan di Karawang Polisi Bawa Tiga Sampel Korban ke Puslabfor Mabes Polri dia mengungkapkan pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Puslabpor Mabes Polri untuk mengecek kandungan makanan yang membuat warga keracunan tersebut.

Sampel darah, urine, dan muntahan sejumlah korban keracunan nasi berkat itu juga telah dibawa untuk di uji laboraturium.”Semua sampel itu sudah dibawa oleh Puslabpor Mabes Polri,” ucapnya.

Ia menerangkan, dari hasil pemeriksaan nasi berkat dimasak oleh sejumlah warga yang berbeda.Untuk nasi timbel, telur balado, dan botok atau udang kering dengan kelapa dibuat 15 porsi yang dimasak oleh E dan ibunya A (73).
Lalu, tempe bacem dimasak oleh I, dan urap dimasak oleh ET.

Saat ini pihak kepolisian masih mencari sisa makanan untuk dijadikan sampel laboratorium forensik. warga Karawang menjalani perawatan setelah keracunan nasi besek. total korban Keracunan nasi berkat ada 83 Orang, 2 di Antaranya Meninggal dunia. jmlah korban keracunan nasi berkat pengajian di Mushalla Desa Cikampek Utara, Kecamatan Kotabaru, Kabupaten Karawang makin bertambah.

Dari sebelumnya dilaporkan sebanyak 40 warga, total sekarang ini sebanyak 83 warga mengalami keracunan. Dua di antaranya meninggal dunia.

Kepala Puskesmas Cikampek Utara, dr. Nenden Maulina mengatakan pada Minggu sekitar 43 warga Kampung Boneka Cikampek, Desa Cikampek Utara, Kecamatan Kotabaru terpaksa harus di evakuasi ke sejumlah Rumah Sakit (RS) dan Puskesmas terdekat akibat mengalami kondisi menurun akibat keracunan tersebut tutupnya**tinggun