Umum

Disdamkar Kabupaten Garut Sigap Menangani Kebakaran Pabrik Daswol

Mediaanakbangsa.id._ Garut.- Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Garut menerima informasi kebakaran pabrik daswol dari seorang warga bernama Eko. Dengan waktu respon 12 menit, 5 unit kendaraan pemadam kebakaran harus diturunkan dalam menghadapi kobaran api.

Pabrik daswol (bahan isian untuk surpet) di Kampung Tunggereung, Kecamatan Tarogong Kidul, terbakar hebat pada hari Senin (29/3/2021) sekitar pukul 06.45 WIB. Api dengan cepat melahap bahan-bahan yang mudah terbakar yang berada di dalam pabrik tersebut.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun, petugas harus berjibaku selama kurang lebih 3 jam dalam penanganan kebakaran ini. Ditambah, pemilik yaitu Bapak Iwan (52) dan Bapak H. Deding (55) harus mengalami kerugian yang ditaksir mencapai sekira 3,5 miliar rupiah.

Beberapa bangunan dapat diselamatkan dalam kejadian ini, yaitu mess karyawan, gudang dan bangunan warung yang berada di sekitar lokasi. Proses pemadaman juga dibantu oleh warga, unsur Polsek Samarang, unsur Koramil Samarang dan Tagana.

“Hal yang perlu diperhatikan, setiap bangunan operasional skala besar wajib memiliki alat proteksi kebakaran seperti APAR (Alat Pemadam Ringan) dan hydrant sebagai langkah awal penanganan terjadinya kebakaran,” ujar Wawan, Kepala Bidang Operasi Disdamkar.

“Selain itu, harus selalu waspada mengenai penyebab-penyebab terjadinya kebakaran. Selalu perhatikan penggunaan listrik harus sesuai dengan SNI dan tidak lupa selalu teliti ketika hendak menggunakan kompor, karena seringkali penyebab kebakaran karena lupa mematikan kompor,” pungkasnya.**Red

Anreise villa afra.